Rabu, 26 Oktober 2011

PROPOSAL BIMBINGAN BELAJAR BAHASA INGGRIS

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Dalam kehidupan manusia tidak akan terlepas dari ilmu pengetahuan, baik zaman dahulu kala yang semuanya masih sangat tradisional hingga sekarang ini, dimana segala sesuatunya dapat terpenuhi berkat penemu-penemu terdahulu yang sudah haus akan ilmu pengetahuan. Pada era zaman modern saat ini persaingan sangat transparan, bisa di bilang sangat gencar-gencarnya orang bersaing demi mendapat pengakuan lebih dari orang-orang sekitarnya dan melakukan dengan segala cara, baik yang terpuji maupun yang tercela.
Ilmu pengetahuan sangat penting bagi kehidupan manusia, tanpa ilmu pengetahuan kita tidak dapat menjalani hidup dengan baik dan benar. Allah SWT telah menciptakan kita otak yang di gunakan sebagai wadah ilmu pengetahuan, dan juga sebagai memori perjalanan hidup kita. Jika kita tidak mengasah atau menggunakan otak secara berlanjut, maka otak pun dapat menumpul, dalam lain kata dapat mengakibatkan kepikunan. Oleh sebab itu kita harus menggunakannya sebaik mungkin. Ilmu pengetahuan banyak macamnya, salah satunya ilmu pengetahuan dalam berbicara. Seperti kita ketahui, berbicara merupakan hal yang mudah dan bisa dibilang hal yang sepele. Tapi jika kita tidak memiliki kemampuan atau skill maka itu pun bisa menjadi sulit. Berbicara yang baik adalah dengan melihat dengan lawan bicara kita. Apakah lebih muda, tua, ataupun sederajat. Karena ada tata bahasa yang harus di perhatikan saat kita berbicara kepada lawan bicara kita. Dan bahasa yang di gunakan juga perlu di perhatikan. Karena di dunia ini ada banyak sekali bahasa yang di gunakan, dan bahasa yang universal adalah bahasa Inggris.
Sudah sepatutnya kita menguasai bahasa Inggris saat ini. Karena di zaman modern ini segala aspek kehidupan menggunakan bahasa Inggris untuk suatu aktivitas. Mungkin bagi kita, warga negara Indonesia akan menemukan kesulitan dalam berbahasa asing yang diantaranya bahasa Inggris. Namun, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak mempelajari bahasa asing. Karena dengan mempelajarinya kita akan menemukan banyak manfaat yang di peroleh. Tapi, tidak berarti kita meninggalkan bahasa asli kita yaitu bahasa Indonesia yang sangat kaya dengar keanekaragaman bahasa dan budaya.
Dalam rangka memajukan warga negara Indonesia ada sebaiknya kita menyediakan fasilitas untuk mengasah bahasa asing yaitu bahasa Inggris dengan cara membuka usaha jasa kursus bahasa Inggris untuk semua kalangan (dari anak-anak hingga dewasa). Dengan adanya kursus ini di harapakan dapat membantu masyarakat dalam berlatih bahasa Inggris dengan benar dan mudah, untuk kepentingan bersama. Oleh karena itu, dengan penjelasan latar belakang inilah kami mengambil judul “LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR BAHASA INGGRIS”.

1.2 Permasalahan
Dalam penulisan ini yang menjadi permasalahan adalah:
a. Bagaimana metode pengajaran yang efektif untuk bimbingan belajar bahasa Inggris?
b. Hal apa saja yang harus di perhatikan dalam mewujudkan bimbingan belajar ini?
c. Apa pengaruh bimbingan belajar ini terhadap dunia pendidikan?

1.3 Tujuan
a. Mengetahui metode pengajaran apa yang di terapkan dalam bimbingan belajar ini.
b. Mengetahui usaha-usaha apa aja dalam mensukseskan usaha ini.
c. Mengetahui pengaruh dari bimbingan ini terhadap dunia pendidikan.


BAB II

DESKRIPSI KELAYAKAN ASPEK

2.1 Aspek Pemasaran

Dalam aspek ini akan memaparkan program-program dari bimbingan belajar bahasa Inggris yang akan kami aplikasikan kedalamnya. Program bimbingan belajar bahasa Inggris ini memang bisa dikatakan untuk semua kalangan. Tak hanya pelajar saja yang di utamakan, hanya dengan modal niat dan keinginan maka dapat mengikuti kursus ini dengan baik. Tak ada kata terlambat bagi kita yang ingin menimba ilmu pengetahuan. Kursus ini di peruntukan untuk umum, dari mulai anak-anak, pelajar, mahasiswa/i, pegawai, ataupun yang sekedar ingin mencari kesibukan, kami tidak akan melarang selama masih ada tempat kosong.
Kami menggunakan level-level sesuai dengan kemampuan yang anda miliki sebelum mengikuti kursus ini. Sebelum anda mengikuti proses pengajaran, anda akan melawati sesi penentuan dengan sebuah tes anda akan di uji untuk mengetahui pada level berapakah anda berada. Namun, tak ada perbedaan antara tiap level/tingkatan, karena semua memiliki tujuan yang sama yaitu menimba ilmu, maka tidak seharusnya kita menjadi sombong ataupun merendah diri.
Di sini kami menggunakan tenaga-tenaga ahli yang berpengalaman di bidangnya. Yang berintelektual dan profesional, dan kami lebih mementingkan mutu ketimbang penampilan. Dalam bimbingan belajar ini kami lebih menjunjung sifat kekeluargaan yang tinggi, tak perlu ada rasa malu atau pun canggung guna tercipatanya kenyamanan dalam belajar. Dan berikut ini tabel level/ tingkatan beserta biaya perbulan masing – masing leve/tingkatanl.
A. Level/tingkatan dan biaya kursus.
1 Tingkat Pertama
- Biaya Pendaftaran : Rp. 150.000
- Biaya Perbulan : Rp. 250.000
2 Tingkat 2 - 5
- Biaya Perbulan : Rp. 275.000
3 Tingkat 6 - 10
- Biaya Perbulan : Rp. 300.000

Keterangan: untuk tingkat pertama di kenakan biaya pendaftaran ujian masuk bimbingan belajar bahasa Inggris dan dengan biaya perbulan seperti pada tabel. Untuk tingkat selanjutnya tidak di kenakan biaya pendaftaran, hanya biaya perbulan yang bertambah dari biaya sebelumnya.
Untuk jadwal kursus di tentukan oleh siswa/i itu sendiri dengan pilihan hari Senin hingga Sabtu. Dan waktu kursus yang kami berikan sebagai berikut:
Tabel 2. Jadwal Bimbingan Kursus
PAGI = 10.00 – 11.30
SIANG - SORE = 12.30 – 14.00/16.30 – 18.00/14.00 – 15.30/15.30 – 16.30
MALAM = 18.00 – 19.30/19.30 – 21.00

2.2 Aspek Yuridis

Hal yang paling utama atau mendasar mendirikan sebuah usaha (jasa atau pun dagang) adalah aspek yuridis. Karena aspek ini berguna untuk bukti bahwa usaha yang kita jalankan memiliki dasar hukum yang jelas. Sehingga usaha yang kita jalankan dapat dengan mudah melakukan kerjasama dengan berbagai instansi karena legal keberadaannya. Untuk tahap pertama membuat ijin dengan melapor kepada ketua RT setempat untuk mengurus Surat Ijin Gangguan Lingkungan, bila tahap ini sudah di setujui maka tahap selanjutnya adalah melegalkan badan usaha yang akan kita jalankan. Setelah surat ijin gangguan lingkungan selesai, maka dengan pertimbangan efektif, efisiensi, dan tepat guna maka kami menggunakan jasa notaris untuk melegalkan usaha kami yang meliputi pengurusan NPWP, TDP, SIUP.

2.3 Aspek Organisasi dan Manajemen

HOUSE OF ENGLISH adalah sebuah lembaga pendidikan/pelatihan yang berdiri secara mandiri, sehingga jumlah sumber daya manusia yang masih terbatas diantaranya, satu manajer, empat guru, satu front office, satu bendahara dan satu office boy. Seiring berjalannya waktu kami akan terus membuka lowongan untuk mengisi kekurangan tenaga-tenaga yang di butuhkan. Dengan sangat selektif kami akan memilih tenaga kerja sesuai dengan kriteria kami yang memfokuskan pada kualitas.

2.4 Aspek Finansial

Hal yang sangat mendasar dari sebuah terbentuknya adalah modal, tanpa modal kita tidak akan bisa mewujudkannya. Untuk membuat sebuah usaha jasa bimbingan belajar kita akan membutuhkan banyak dana. Berikut ini adalah taksiran biaya yang di butuhkan.
1.1 Biaya pembelian tempat kursus Rp. 180.000.000
1.2 Perabotan dan peralatan belajar mengajar Rp. 16.000.000
1.3 Perlengkapan administrasi Rp. 4.000.000
1.4 Biaya pra-operasi Rp. 10.000.000
1.5 Modal kerja permanen Rp. 30.000.000
Jumlah biaya usaha Rp. 240.000.000

Data finansial di atas adalah dana yang harus di keluarkan secara pribadi. Dan berikut perkiraan pendapatan usaha.
NO TINGKATAN Biaya Pendaftaran Biaya Perbulan
1 Tingkat 1 Rp. 150.000 Rp. 250.000
2 Tingkat 2 - 5 - Rp. 275.000
3 Tingkat 6 - 10 - Rp. 300.000

Hasil yang di dapat dari biaya pendaftaran bila semua kelas tingkat satu terisi penuh (10 anak dari 5 kelas), maka hasil yang di peroleh adalah Rp. 7.500.000. dan untuk biaya perbulannya untuk tingkay satu adalah Rp. 12.500.000. Dan bila semua tingkat (1 – 10) sudah terisi penuh maka pendapatan perbulan adalah Rp. 41.250.000.

2.5 Aspek Sosial

Menurut kami, dampak sosial yang akan muncul adalah mensejahterakan kehidupan baik di sekitar maupun di tempat lain. Dengan adanya usaha baru maka kita membuka lowongan kerja bagi para pengangguran, dengan begitu kita ikut memakmurkan bangsa dan negara. Selain itu, usaha ini juga akan berdampak terhadap warga sekitar. Dengan adanya usaha baru maka memungkinkan membuka jasa-jasa lainnya yang berusaha memenuhi kebutuhan siswa/i bimbingan belajar House of English. Seperti warung makanan, alat – alat tulis, rental computer, foto copy, dan lain – lain.


BAB III

KESIMPULAN

Kesimpulan dari penulisan di atas adalah kami membuka usaha jasa yang bergerak di bidang pendidikan dalam bahasa asing, Inggris. Dengan maksud memajukan warga negara Indonesia. Kami memberikan fasilitas sebaik mungkin dengan harga terjangkau dan untuk semua kalangan. Karena bahasa Inggris saat ini adalah bahasa universal yang akan sulit bagi kita yang tidakterlalu memahami dengan bahasa Inggris kami memberi pelayanan. Di samping usaha untuk mencari perolehan/penghasilan kami juga turut membantu negara dalam mencerdaskan anak bangsa.
Kami menggunakan teknik pengajaran yang mudah, cepat, cermat, cerdas dan menyenangkan. Dengan menyesuaikan komposisi pembahasan dengan melihat kepada siapa kita mengajar. Melihat sistem yang di terapkan maka kami menggunakan tenaga-tenaga kerja yang ahli serta berpengalaman di bidangnya.

BAB IV

PENUTUP

Pendidikan adalah prioritas utama, dengan tujuan terus mendapatkan ilmu pengetahuan yang berlimpah. Sehingga yang kita tidak ketahui menjadi tahu dan yang kita ketahui akan lebih dalam lagi mengenalnya. Tidak penting dimanakah kita mencari ilmu itu, hanya di berlandaskan niat dan tekad yang membara maka kita pun dapat seperti orang-orang yang telah sukses sebelum kita.
Walaupun usaha bimbingan belajar bahasa Inggris ini terbilang cukup banyak namun bukan berarti kita takut untuk mencoba dan memulai. Justru dengan ini kta menunjukan bahwa kami siap bersaing secara sportif dan kami akan mengikuti jejak-jejak sebelum kami . bahasa Inggris adalah bahasa universal, bahasa Indonesia bahasa mendarah daging. COME ON! JOIN WITH US IN “HOUSE OF ENGLISH”.

3 komentar: