Sabtu, 29 November 2014

ETIKA

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, etika adalah Ilmu tentang apa yang baik dan yang buruk, tentang hak dan kewajiban moral.Kumpulan asas/nilai yang berkenaan dengan akhlak.
Istilah Etika berasal dari bahasa Yunani kuno. Bentuk tunggal kata ‘etika’ yaitu ethos sedangkan bentuk jamaknya yaitu ta etha. Ethos mempunyai banyak arti yaitu: tempat tinggal yang biasa, padang rumput, kandang, kebiasaan/adat, akhlak, watak, perasaan, sikap, cara berpikir. Sedangkan arti ta etha yaitu adat kebiasaan.

Arti dari bentuk jamak inilah yang melatarbelakangi terbentuknya istilah Etika yang oleh Aristoteles  dipakai untuk menunjukkan filsafat moral.
Kemudian menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yang baru (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1998) =, mempunyai arti: ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlak); kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak; nilai mengenai benar dan salah yang dianut suatu golongan masyarakat.

Etika memiliki peranan atau fungsi, yaitu:
- dengan etika seseorang / kelompok dapat mengemukakan penilaian tentang perilaku manusia
- menjadi alat kontrol bagi seseorang/kelompok dalam melakukan suatu tindakan /aktivitas.
- etika dapat memberikan prospek untuk mengatasi kesulitan moral yang dihadapi.
- etika menjadi panutan agar dapat bersikap sopan dan santun.

Menurut Keraf (1991:23), terdapat dua macam etika, yaitu:

- Etika Deskriptif
Etika yang menelaah secara kritis dan rasional tentang sikap dan perilaku manusia, serta apa saja yang dikejar oleh setiap orang dalam hidupnya sebagai sesuatu yang bernilai. Dapat disimpulkan bahwa tentang kenyataan dengan kondisi tertentu memungkinkan manusia dapat bertindak secara etis.

- Etika Normatif

Etika yang menetapkan berbagai sikap dan perilaku yang ideal dan seharusnya dimilki oleh manusia atau apa yang seharusnya dijalnkan oleh manusia dan tindakan apa yang bernilai dalam hidup ini. Jadi etika ini merupakan norma-norma yang dapat menuntun agar manusia bertindak secara baik dan menghindari hal yang buruk, sesuai kaidah atau norma yang disepakati dan berlaku di masyarakat.




Sumber : https://www.scribd.com/doc/243643510/Etika-Profesi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar