Senin, 06 Januari 2014

4 NOVEMBER

4 November adalah hari ke-308 (hari ke-309 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian.


Peristiwa


1869 - Nature, salah satu majalah ilmiah tertua dan yang paling disegani, diterbitkan untuk pertama kalinya.

Nature adalah salah satu jurnal ilmiah tertua dan paling bereputasi tinggi. Ia diterbitkan pertama kali pada 4 November 1869 di Britania Raya. Meski kebanyakan jurnal ilmiah pada saat ini mempunyai topik yang spesifik, Nature masih menerbitkan beragam topik-topik ilmiah.
Penulis yang artikelnya dimuat dalam Nature mendapatkan prestise yang sangat tinggi. Pemuatan dapat membawa kepada perhatian yang lebih tinggi kepada topik yang dibicarakan dalam artikel tersebut, sehingga dapat mengundang pendanaan dalam membantu penelitian. Karena sebab ini, persaingan antara para ilmuwan untuk menerbitkan karya mereka di jurnal seperti Nature sangat ketat.

1918 - Perang Dunia I: Austria dan Hongaria menyerah kepada Italia.

1918 - Revolusi Jerman dimulai saat empat puluh ribu pelaut merebut pelabuhan di Kiel.

1921 - Perdana Menteri Jepang Hara Takashi tewas dibunuh di Tokyo.

Hara Takashi (1856-1921) ialah wartawan, pejabat pemerintahan, dan politikus partai Jepang.
Lahir di Prefektur Iwate sebagai putera dari samurai klan Nanbu.
Pada September 1897, ia beristirahat dari kehidupan pejabat, dan bergabung dengan Seiyukai yang dibentuk oleh Hirobumi Itō. Pada 1902, pertama kali ia dipilih ke Diet, dan kemudian dipilih 8 kali berturut-turut. Sebagai tokoh berpengaruh dalam Seiyu-kai, ia mendukung Kinmochi Saionji, dan memainkan peran kunci dalam masa yang disebut "Abad Kabinet Kei-En".
Pada 1914, ia diangkat sebagai pimpinan ke-3 dari Rikken-Seiyu-kai, dan pada 1918, ia menjadi PM dan mewakili kabinet parpol pertama. Namun pada 1921 ia dibunuh di Stasiun Tokyo.

1956 - Tentara Soviet memasuki Hongaria untuk mengakhiri Revolusi Hongaria.

Revolusi Hongaria 1956 adalah suatu pemberontakan dalam lingkup nasional yang terjadi secara spontan terhadap pemerintah komunis Hongaria yang didukung Uni Soviet, yang berlangsung antara 23 Oktober sampai 10 November 1956.


1979 - Krisis sandera Iran: Kelompok radikal Iran merebut kedubes Amerika Serikat di Teheran dan menyandera penghuninya selama 444 hari.

Krisis sandera Iran adalah periode selama 444 hari (4 November 1979 – 20 Januari 1981; kurang lebih 14 bulan) di mana para pelajar pendukung rezim Iran yang baru menyandera 63 diplomat dan 3 warga negara Amerika Serikat di dalam gedung kedutaan AS di Teheran.


1995 - Perdana Menteri Israel Yitzhak Rabin terluka parah dalam sebuah unjuk rasa damai di Tel Aviv oleh Yigal Amir.
Yitzhak Rabin adalah seorang politikus dan jenderal Israel. Rabin adalah Perdana Menteri kelima Israel pada 1974 – 1977 dan menjabat kembali pada 1992 hingga ia terbunuh pada 1995 oleh Yigal Amir, seorang aktivis sayap kanan yang tidak mendukung kebijakan mengenai Perjanjian Oslo. Rabin adalah perdana menteri Israel pertama yang dilahirkan di Israel, satu-satunya perdana menteri Israel yang terbunuh dan orang kedua yang meninggal dalam jabatannya setelah Levi Eshkol.


2008 - Barack Obama terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat ke-44; Johnson Toribiong terpilih menjadi Presiden Palau
Obama lahir pada tanggal 4 Agustus 1961 di Kapiʻolani Maternity & Gynecological Hospital (sekarang Kapiʻolani Medical Center for Women and Children) di Honolulu, Hawaii, dan menjadi Presiden pertama yang lahir di Hawaii.


Kelahiran

1949 - Ram Soraya - prodduser film nasional

Raam Lalchand Pridhani (alias Raam Soraya namun lebih dikenal dengan nama Ram Soraya; lahir di Surabaya, Indonesia, 4 November 1949; umur 64 tahun) merupakan seorang pengusaha dan produser film asal Indonesia. Ia merupakan pemilik rumah produksi Soraya Intercine Films. Ia juga merupakan salah satu alumni dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.


Kematian

1964 - Agus Salim di Jakarta

Agus Salim dalah seorang pejuang kemerdekaan Indonesia. Haji Agus Salim ditetapkan sebagai salah satu Pahlawan Nasional Indonesia pada tanggal 27 Desember 1961 melalui Keppres nomor 657 tahun 1961.

2008 - Michael Crichton, penulis Amerika Serikat yang terkenal sebagai penulis Jurassic Park.

Michael Crichton adalah seorang penulis, produser film/televisi, dan sutradara Amerika Serikat. Ia dikenal dengan karya-karya berupa novel, film, dan acara televisi bertemakan fiksi ilmiah dan techno-thriller.




Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/4_November

Tidak ada komentar:

Posting Komentar