Senin, 06 Januari 2014

Mother Teresa




Bunda Teresa lahir di Üsküb, Kerajaan Ottoman, 26 Agustus 1910 – meninggal di Kalkuta, India, 5 September 1997 pada umur 87 tahun) adalah seorang biarawati Katolik Roma keturunan Albania dan berkewarganegaraan India yang mendirikan Misionaris Cinta Kasih (bahasa Inggris: Missionaries of Charity) di Kalkuta, India, pada tahun 1950. Selama lebih dari 45 tahun, ia melayani orang miskin, sakit, yatim piatu dan sekarat, sementara membimbing ekspansi Misionaris Cinta Kasih yang pertama di seluruh India dan selanjutnya di negara lain. Setelah kematiannya, ia diberkati oleh Paus Yohanes Paulus II dan diberi gelar Beata Teresa dari Kalkuta.
Pada 1970-an, ia menjadi terkenal di dunia internasional untuk pekerjaan kemanusiaan dan advokasi bagi hak-hak orang miskin dan tak berdaya. Misionaris Cinta Kasih terus berkembang sepanjang hidupnya dan pada saat kematiannya, ia telah menjalankan 610 misi di 123 negara, termasuk penampungan dan rumah bagi penderita HIV/AIDS, lepra dan TBC, program konseling untuk anak dan keluarga, panti asuhan, dan sekolah. Pemerintah, organisasi sosial dan tokoh terkemuka telah terinspirasi dari karyanya, namun tak sedikit filosofi dan implementasi Bunda Teresa yang menghadapi banyak kritik. Ia menerima berbagai penghargaan, termasuk penghargaan pemerintah India, Bharat Ratna (1980) dan Penghargaan Perdamaian Nobel pada tahun 1979. Ia merupakan salah satu tokoh yang paling dikagumi dalam sejarah. Saat peringatan kelahirannya yang ke-100 pada tahun 2010, seluruh dunia menghormatinya dan karyanya dipuji oleh Presiden India, Pratibha Patil.

Pada tahun 1982 saat puncak Pengepungan Beirut, Bunda Teresa menyelamatkan 37 anak yang terjebak di garis depan sebuah rumah sakit dengan menengahi sebuah gencatan senjata sementara antara tentara Israel dan gerilyawan Palestina. Ditemani oleh para pekerja Palang Merah, ia melakukan perjalanan melalui zona perang ke rumah sakit yang hancur untuk mengevakuasi para pasien muda.
Ketika Eropa Timur mengalami peningkatan keterbukaan di akhir 1980-an, ia memperluas usahanya untuk negara-negara komunis yang sebelumnya menolak Misionaris Cinta Kasih dan memulai puluhan proyek. Ia tidak terpengaruh dengan kritik terhadap pendiriannya dalam melawan aborsi dan perceraian serta menyatakan, "Tidak peduli orang-orang mengatakan apa, Anda harus menerimanya dengan tersenyum dan melakukan pekerjaan anda sendiri." Ia mengunjungi Republik Sosialis Soviet Armenia setelah Gempa bumi Spitak 1988 dan bertemu dengan Nikolai Ryzhkov, Ketua Dewan Menteri.
Bunda Teresa bepergian untuk membantu dan melayani penderita kelaparan di Ethiopia, korban radiasi di Chernobyl, dan korban gempa di Armenia. Pada tahun 1991, Bunda Teresa kembali untuk pertama kalinya ke tanah airnya dan membuka rumah Misionaris Cinta Kasih Bruder di Tirana, Albania.
Pada tahun 1996, ia menjalankan 517 misi di lebih dari 100 negara. Selama bertahun-tahun, Bunda Teresa mengembangkan Misionaris Cinta Kasih untuk melayani "termiskin dari yang miskin" di 450 pusat di seluruh dunia. Rumah Misionaris Cinta Kasih pertama yang ada di Amerika Serikat didirikan di South Bronx, New York. Pada tahun 1984, ordo ini menjalankan 19 organisasi di seluruh negara.
Hari Penting Bunda Teresa:
Hari Inspirasi : 10 September 1946, dalam sebuah perjalanan kereta dari Kalkuta ke Darjeeling, Ibu Teresa menerima panggilan di dalam panggilan , untuk mendirikan keluarga Missionaris Cinta Kasih.

Mendirikan MC : 7 Oktober 1950, Kongregasi Missionaris Cinta Kasih secara resmi didirikan untuk keuskupan Kalkuta.

Penghargaan yang diterima
Penghargaan Padmashree ( dari President India ), Agustus 1962
Hadiah perdamaian Paus Yohanes XXIII, Januari 1971
Penghargaan Internasional John F Kennedy, September 1971
Penghargaan Jawaharlal Nehru untuk Kesepakatan Internasional, November 1972
Hadiah Templeton untuk Perkembangan Keagamaan, April 1973
Hadiah Nobel Perdamaian, Desember 1979
Bharar Ratna ( Permata India ), Maret 1980
Ordo Merit ( Dari Ratu Elizabeth ), November 1983
Medali emas dari komite perdamaian Soviet, Agustus 1987
Medali Emas dari Kongregasi Amerika Serikat, Juni 1997

Pengakuan Tahta Suci : telah diberikan kepada suster-suster pada tahun 1965 dimana kongregasi menjadi langsung dibawah otoritas Tahta Suci.

Bruder Missionaris Cinta Kasih: didirikan 25 Maret 1963

Suster Konteplasi Missionaris Cinta Kasih, didirikan 25 Juni 1976

Bruder Konteplasi Missionaris Cinta Kasih, didirikan 19 Maret 1979

Imam Missionaris Cinta Kasih: didirikan 31 Oktober 1984

Kerabat Kerja Ibu Teresa, didirikan 29 Maret 1969

Kerabat Kerja yang sakit dan menderita: dimulai 13 Januari 1953

Missionaris Cinta Kasih Awam ( LMC / Lay Missionaries of Charity ): didirikan 13 April 1987 ( oleh Bruder Konteplasi MC )

Gerakan Corpus Christi ( Tubuh Kristus ): didirikan 26 Juni 1981



Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Bunda_Teresa
http://www.kerabatkerjaibuteresa.com/index.php?option=com_content&view=article&id=42&Itemid=20

Tidak ada komentar:

Posting Komentar